14 Apr 2015

TEKNOLOGI INFORMASI PADA FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN

Author: Erinda Meita | Filed under: Uncategorized

Sekarang ini, semua orang menginginkan semuanya menjadi mudah, terutama untuk mempermudah pekerjaan mereka. Nah untuk itu diperlukan suatu teknologi untuk membantu mereka. Teknologi?, ya, teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan, dan kenyamanan hidup manusia. Sedangkan informasi merupakan sekumpulan data yang sudah dioleh sehingga dapat diterima oleh penerima atau orang lain. Jadi teknologi informasi itu adalah sarana untuk mempermudah kelangsungan hidup manusia agar antara manusia datu dengan yang lain dapat berkomunikasi dengan mudah. Teknologi berperan sangat penting dalam era globalisasi ini.
Nah, kali ini saya akan berpendapat mengenai teknologi informasi pada fasilitas pelayanan kesehatan. Setelah uraian diatas yaitu mengenai arti dari teknologi informasi, Sekarang pengertian dari teknologi informasi pada fasilitas pelayanan kesehatan adalah sarana untuk mempermudah pekerja dibidang kesehatan dalam melakukan pekerjaannya, tentunya juga untuk mempermudah mereka untuk berkomunikasi dengan petugas kesehatan yang lain. Contohnya adalah Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, SIMRS dinilai sangat membantu dan memudahkan pekerjaan petugas rumah sakit.
Di dalam suatu rumah sakit, pasti akan ditemui teknologi yang mendukung. Seperti uraian diatas yaitu SIMRS. SIMRS atau SIRS adalah Program aplikasi atau software komputer yang dibuat untuk membantu manajemen rumah sakit dalam membuat entri data, mengolah data dan membuat laporan data pasien. Oleh karena itu SIMRS dinilai sangat memudahkan pekerjaan petugas rumah sakit.
Seperti kita tau, bahwa fasilitas pelayanan kesehatan itu tidak melulu rumah sakit dan puskesmas, tetapi semua yang menunjang kesehatan manusia. Tetapi yang paling banyak dikenal memang rumah sakit dan puskesmas.
Di era informasi dalam dunia yang kompetitif dewasa ini, Rumah Sakit dituntut untuk proaktif dalam mengelola dan menata segenap sumber daya yang ada sebaik mungkin agar dapat menghasilkan produk pelayanan yang excellence. Begitu besar dan rumitnya anatomi Rumah Sakit akan sangat sulit untuk mengandalakan penataan dan pengelolaan secara manual, maka dibutuhkan alat bantu untuk dapat mengelola dan menata secara cepat, tepat dan akurat sehingga pelayanan yang excellence dapat dihasilkan, alat bantu tersebut adalah solusi Teknologi Informasi yang dikemas dalam produk software SIMRS terintegrasie yang dirancang secara khusus berbasis Client Server yang mengelola segenap proses manual dari A – Z diproses dan dikonversikan secara elektronik dan realtime dari penanganan registrasi/rekam medis, rawat jalan, billing, farmasi, inventori, keuangan, rawat inap, instalasi penunjang dan sebagainya yang secara keseluruhan akan menghasilkan output pelayanan yang prima dan cepat, informasi yang akurat bagi eksekutif, kontrol yang baik, pengelolaan yang berkesinambungan dengan mengeliminasi kebocoran dan kerugian yang dihasilkan dari proses manual. Dengan mengimplementasikan SIMRST (Integrated Hospital Management System). Rumah Sakit yang bersangkutan akan menciptakan efisiensi, efektifitas organisasi dan kinerja yang lebih baik, sekaranglah waktu yang tepat untuk segera mengimplementasikan SIMRST.
Kalau uraian diatas mengenai teknologi informasi di rumah sakit, beda dengan di puskesmas. Di puskesmas teknologi informasinya masih banyak atau bahkan hampir semuanya masih menggunakan sistem manual, mungkin karena keterbatasan SDM dan kurangnya sosialisasi dari dinas terkait, mungkin juga karena belum dibuat sistem yang pas untuk diterapkan pada setiap puskesmas. Sementara kita tahu, saat ini semua fasilitas pelayanan kesehatan sedang berlomba-lomba untuk mengembangan sistem informasi mereka. Seharusnya saat ini, dinas terkait sudah harus mulai melakukan sosialisasi dan penerapan teknologi informasi dimasing-masing fasilitas pelayanan kesehatan, tapi lebih baik bila kita mulai dari diri kita sendiri. Sebagai generasi muda negeri ini, sudah seharusnya kita ikut membantu untuk kemajuan negeri kita tercinta. Kita juga bisa melakukan promosi kepada semua generasi agar mereka mengetahui arti penting teknologi sekarang ini. Meskipun bila kita lihat sudah terdapat beberapa puskesmas yang mulai mengembangkan sistem di puskesmasnya.
Dari semua uraian diatas dapat disimpulkan bahwa saat ini peran teknologi dalam kehidupan manusia sangatlah penting, karena bisa membantu meringankan pekerjaan manusia. Dan juga tingkat bagus tidaknya suatu pelayanan fasilitas pelayanan kesehatan tergantung dari teknologi dan SDM di dalamnya, nah, untuk meningkatkan SDM, semakin baik penguasaan teknologi dan SDM (misalnya sifat ramah tamah dan soapn santun biasa disebut 5S dan penguasaan individu terhadap teknologi) maka akan lebih mempertinggi nilai keberhasilan suatu pelayanan kesehatan. Alangkah lebiih baik jika sering diadakan sosialisasi dan praktik langsung, serta memperbanyak penerimaan tenaga yang ahli dibidangnya, untuk tenaga ahli disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing fasilitas pelayanan kesehatan. Selain sosialisasi kepada petugas pelayanan kesehatan, sebaiknya juga disosialisasikan kepada seluruh masyarakat agar masyarakat tahu bahwa sekarang ini teknologi sudah sangat canggih, terutama dibidang kesehatan.
Demikian artikel ang dapat saya buat, tiada yang sempurna di bumi ini begitupun saya, oleh karena itu bila ada waktu boleh untuk member kritik dan saran supaya menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.
–Terimakasih-

Sumber :

id.wikipedia.org

http://program-sim-rs.blogspot.com/p/simrs.html

Leave a Reply